Jumat, 10 Juni 2011

Public Relations (PR)

Banyak pakar mendefinisikan mengenai Public Relations (PR) dari berbagai sudut. Semuanya berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing.
Jika ditinjau dari aspek manajemen, maka public relations didefinisikan sebagai fungsi manajemen yang menilai sikap publik, menentukan kebijaksanaan seseorang atau organisasi demi kepentingan publik serta merencanakan dan melakukan program kegiatan untuk meraih pengertian dan dukungan publik.

Berdasarkan definisi diatas ada tiga sifat publik relations yang utama yaitu :
a. Kredibilitas tinggi, dimana artikel dan berita di media massa lebih dipercaya daripada iklan.
b. Off guard.
Yakni public relations dapat menjangkau pihak-pihak yang menghindari wiraniaga atau iklan.
c. Dramazation
, yaitu public relations memiliki potensi untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk tertentu.

Public relations merupakan upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai kelompok terhadap perusahaan tersebut.
Dalam pelaksanaannya public relations dapat dilakukan oleh individu kunci dari suatu perusahaan dan dapat pula dilakukan oleh suatu lembaga formal dalam bentuk biro, departemen, maupun seksi public relations dalam suatu struktur organisasi

Sumber : Strategi Pemasaran, Fandi Tjiptono, Penerbit Andi Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar