Rabu, 06 Juli 2011

Waspada Penyakit Leukemia Pada Anak : Ciri-Ciri Penyakit Kanker Darah Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/pathology/2176310-waspada-penyakit-leukemia-pada-anak/#ixzz1RNyiNKoF

Leukemia berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari 2 suku kata yaitu leukos (putih) dan aima (darah). Di masyarakat dikenal dengan kanker darah. Leukemia atau kanker darah disebabkan oleh suatu kondisi dimana sel darah putih (yang abnormal) lebih banyak daripada sel darah merah, terjadi pada sumsum tulang dan bisa menjalar ke dalam aliran darah yang kemudian menyerang otak. Penyakit ini menyerang orang dewasa maupun anak-anak, akan tetapi kejadian pada anak-anak lebih besar lagi frekuensinya. Menurut survey, penyakit leukemia ini mempunyai tingkat kematian yang tinggi bagi anak-anak usia 1-14 tahun.

Penyakit leukemia ini bisa di obati dengan masa pengobatan yang panjang dan harus di bawah pengawasan dokter yang ketat. Jika anak yang mengidap leukemia akut tidak segera ditangani maka dalam hitungan minggu anak bisa menemui kematiannya. Sedangkan anak yang mengidap leukimia kronis jika tidak segera di tangani biasanya dalam hitungan tahun anak bisa menemui kematiannya.

Penanganan anak yang mengidap leukimia berbeda-beda, tergantung dari tingkat dan tipenya. Biasanya untuk mengobati penderita leukemia akut dan kronis harus menjalani kemoterapi (penyinaran) dan diberikan obat anti kanker (stitostatika). Dimana dalam proses pengobatannya harus di bawah pengawasan dokter yang ketat. Karena obat antikanker (stitostatika) adalah obat berdosis tinggi yang bisa mengganggu organ tubuh lainnya, seperti : ginjal, hati dan jantung. Maka salah satu peran dokter disini adalah merekomendasikan obat-obat lain yang dibutuhkan untuk menangkal efek samping dari obat anti kanker tadi. Selain itu bisa juga menjalani metode pengobatan lainnya seperti operasi atau transplantasi sumsum tulang

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter terhadap anak-anak yang menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut :
- Kulit anak pucat kekuningan
- Sesak nafas
- Timbul bercak-bercak biru pada kulit
- Nyeri pada tulang
- Badan demam (tidak jelas penyebabnya)
- Lesu tidak bergairah
- Pendarahan (mimisan) karena menurunnya kadar trombosit
- Muntah-muntah

Penyakit leukemia atau kanker darah ini sampai sekarang belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun dugaan kuat disebabkan oleh penggunaan zat kimia tertentu seperti benzene, radiasi, virus HTLV dan faktor keturunan. Berusahalah mengobatinya dengan membawa anak Anda ke dokter dan berdoalah kepada Allah Ta'ala agar anak Anda segera disembuhkan dari penyakitnya. Karena hanya Allah jualah yang bisa menyembuhkan suatu penyakit sementara manusia hanya bisa berusaha mengobatinya.

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/pathology/2176310-waspada-penyakit-leukemia-pada-anak/#ixzz1RNye597I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar